March 19, 2013


Kali ini saya akan berbagi info dari pengalaman pribadi mengenai cara memunculkan menu plug-in di Dashboard Wordpress GRATISAN (free blog).

Pada dasarnya semua itu dapat diatasi jika kita melakukan registrasi ke Wordpress untuk memiliki akun berbayar. Tetapi, kata berbayar biasanya menjadi kendala bagi sebagian besar orang (termasuk saya).

Maka, bagi yang ingin coba-coba plug-in WP, tetapi tetap dengan gratisan, kita harus memiliki host yang gratisan diluar Wordpress itu sendiri, misal, 000webhost.com. Lebih detailnya silakan ikuti instruksi2 di bawah ini :


  1. Pastikan anda sudah memiliki File WordPress dalam format ZIP yang sudah anda download sebelumnya. Jika anda belum punya, silahkan mendownload Versi terbaru WordPress di sini.
  2. Ekstrak-lah file tersebut, maka akan tercipta Folder WordPress yang berisi semua file Installer WordPress.
  3. Loginlah ke Account anda di 000webhost.com.
  4. Di member area, buatlah Database Baru yang nantinya akan digunakan untuk menyimpan data WordPress anda.
  5. Jika Database sudah dibuat, CATAT informasi tentang MySQL Database, MySql User, MySQL Password, dan MySQL Host , yang muncul di halaman setelah pembuatan database sukses.
  6. Sebelum mengupload file WordPress, bukalah folder WordPress yang akan di-upload dan carilah file wp-config-sample.php, kemudian bukalah file tersebut di editor teks, misal: Notepad.
  7. Editlah pada bagian ini :
/** The name of the database for WordPress */
define('DB_NAME', 'database_name_here');

/** MySQL database username */
define('DB_USER', 'username_here');

/** MySQL database password */
define('DB_PASSWORD', 'password_here');

/** MySQL hostname */
define('DB_HOST', 'localhost');

Ubahlah bagian berhighlight kuning di atas berturut-turut dengan MySQL DatabaseMySql UserMySQL Password, dan MySQL Host (yang telah anda catat tadi, sesuai instruksi nomor 2)

8. Save as dengan nama file diubah menjadi : wp-config.php

9. Jadikan semua file yang ada di dalam folder wordpress ke bentuk ZIP , catatan: jadikan 2 bagian, agar tiap file ZIP nya tidak lebih dari 5 MB.

9. Loginlah ke CPanel 000webhost anda, dan pilih bagian File Manager.

10. Masuk ke folder: public_html, hapus file Default.php, lalu klik upload.

11. Di halaman upload, pilih upload yang sebelah kanan, ada tulisan: Archives (zip, tar, tgz, gz). Klik pilih    file/ browse. Pilih semua ZIP file-file wordpress  tadi. Upload, dengan klik tanda centang hijau.

12. Setelah semua terupload, Buka browser baru anda, masuk ke alamat domain yang telah anda buat. misal: dragit.web44.net/wp-admin/ hingga muncul tampilan Install WordPres atau Create a Configuration File.

13. Selanjutnya, isilah isian Database Name, Username, Password, Database Host dengan Nilai seperti yang sudah anda lakukan pada langkah 7. Biarkan seperti defaultnya, pada isian Table Prefix.

14. Klik Submit.

15. Isikan Judul blog anda dan alamat email anda dan Klik tombol Install WordPress.

16. Jika instalasi berhasil, maka akan muncul halaman Login ke Dashboard WordPress.

17. Bukalah Tab baru Browser anda dan ketikkan alamat domain anda. Maka pada halaman Utama Website anda akan tampil Hasil instalasi WordPress anda.

18. Selamat anda telah mengupload Wordpress di Hostingan Gratis dan anda dapat menemukan menu PLUG-IN di dalam dashboard Wordpress anda !!!

One Response so far.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

- Copyright © welcome to Hakim's blog. -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -